Senin, 24 Oktober 2011

SOLOK JUARA NASIONAL LOMBA CIPTA MENU


balaipandan komunitas
 Kota Solok
Menu Kota Solok Terbaik
Juara Nasional Lomba Cipta Menu
Padang Ekspres  Berita Lainnya  Senin, 24/10/2011 - 10:17 WIB  RPG  145 klik

Menu Solok terbaik
Provinsi Sumbar patut berbangga atas keberhasilan Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kota Solok berhasil menjadi juara umum Lomba Cipta Menu Makanan Daerah Tingkat Nasional, Kamis (20/10) lalu. TP-PKK Kota Solok menyisihkan 32 provinsi lain dalam puncak peringatan Hari Pangan Sedunia berlangsung di Gorontalo. Menu kreasi TP-PKK Kota Solok dinilai memiliki keragaman, gizi seimbang dan berbasis sumber daya lokal.


Piala bergilir pertama kali didapatkan Sumbar tersebut diserahkan Ny Herawati Boediono, istri Wapres Boediono. Di samping beragam dan bergizi, TP-PKK Kota Solok menampilkan makanan khas Solok seperti penganan dan makanan pokok lainnya.


Ketua TP-PKK Kota Solok, Ny Darlinda Irzal Ilyas bersyukur atas penghargaan tersebut. 
Menurutnya, Kota Solok sendiri berhak mewakili Sumbar setelah sebelumnya menjuarai lomba yang sama di tingkat provinsi beberapa waktu lalu. Pilihannya menyajikan menu khas Solok, semata-mata atas keberanian timnya untuk menampilkan menu baru yang belum dikenal.


”Memang Sumbar dikenal dengan makanan khas rendang. Namun, menurut kami hal itu bagi daerah lain dan tim juri bukanlah sesuatu yang baru. Sehingga, kita akan dinilai seadanya dan tidak ada gereget ditampilkan.

Selain itu, menu yang kita tampilkan memenuhi kriteria utama, yaitu bergizi tinggi dan memiliki kekhasan. Sehingga, tidak ada daerah lain yang menampilkan menu yang mirip dengan kita tampilkan,” ujarnya.


Keberhasilan tersebut, sebut Darlinda, buah kerja keras anggota TP-PKK Kota Solok dan Provinsi Sumbar dalam menggali menu spesifik di Kota Solok. Selain itu, penghargaan ini bukti bahwa Kota Solok memiliki kekayaan kuliner bergizi tinggi, spesifik dan beragam. Harusnya ini mendapatkan perhatian dari Pemko Solok dan Sumbar untuk menunjang pengembangan wisata kuliner di daerah.


”Bagi kami keberhasilan ini bukanlah sebuah penghargaan, tapi sebuah pembuktian. Kita berharap, ini menyadarkan pemerintah bahwa menu kita terbaik di Indonesia dan luar negeri,” lanjutnya.


Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Kota Solok Ikhvan Maroza menambahkan, bersama Dinas Pertanian, Peternakan dan Perlindungan Hutan (Dispernakhut) Kota Solok juga telah mengembangkan varietas dan produk pangan asli daerah ini. Di antaranya, melakukan pemurnian berbagai varietas asli Kota Solok, seperti beras dan produk pangan lainnya.


”Kita telah memurnikan tiga varietas beras asli Kota Solok, yaitu anak daro, caredek dan sari baganti. Ini kita lakukan karena ketiga varietas tersebut memiliki kandungan gizi tinggi dan sesuai kondisi tanah di Kota Solok. Hal itu juga ditunjang dengan selalu surplusnya produksi beras Kota Solok meski memiliki lahan sawah yang semakin sempit imbas perkembangan kota.


Ikhvan Maroza berharap Pemko Solok meningkatkan perhatiannya ke sektor pertanian dan tanaman pangan lainnya. Sebagai daerah terkenal dengan beras berkualitas, sektor pertanian masih menjadi salah satu unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


”Selain berkembang dengan sektor perdagangan dan jasanya, potensi pertanian dan tanaman pangan juga jadi andalan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat. Kita berharap pengelolaan di sektor pertanian dan tanaman pangan terintegrasi di sektor perdagangan dan jasa,” harapnya. (rzy]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar