Kamis, 31 Maret 2011

KOK ADO DARI AWAK NAN BA MINAT : Disbupar Kab.Solok akan Gelar Pemilihan Uda Uni


Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Kabupaten Solok bakal menggelar pemilihan Uda Uni tingkat Kabupaten Solok. Direncanakan, sebelum mencapai malam final tanggal 3 April 2011 yang digelar di Sport Hall Batu Batupang, Koto Baru, serangkain kegiatan audisi harus dilalui oleh calon Uda Uni Kabupaten Solok itu dari 30 sampai 31 Maret 2011.
‘’Kita ingin pemilihan Uda Uni tahun 2011 ini berlangsung menarik dan tampil beda dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok Drs. Jasman, MM ketika memimpin rapat panitia penyelenggara Uda Uni tahun 2011 di Arosuka, Jumat (23/3).
Karena alasan tidak ingin kegiatan itu hanya sebagai pelepas tanya, Jasman mendesak seluruh panitia agar bekerja ekstra guna menampilkan hasil terbaik untuk kemajuan daerah Kabupaten Solok.
Didampingi Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Erizal, SE, MM, Kepala Bidang Seni dan Kebudayaan Ir. Edi Hasril menyebutkan, rangkaian pemilihan Uda Uni ini dimulai sejak proses pendaftaran, kemudian dilakukan karantina dan pemilihan pada malam final pada 3 April mendatang.
Jadwal pendaftaran dilakukan sejak Senin (21/3) sampai Rabu (30/3). Pada Kamis (31/4) langsung dilakukan audisi. ‘’Calon peserta dapat mendaftar langsung ke kantor Disbudpar Kabupaten Solok yang berlokasi di komplek kantor bupati di Arosuka pada jam kerja atau dapat juga melalui kantor-kantor camat di Kabupaten Solok,’’ kata Edi Hasril.
Kabid Seni dan Kebudayaan itu juga menyebutkan syarat calon peserta pemilihan Uda Uni Kabupaten Solok, pria atau wanita berusia 17 sampai 27 tahun dan belum menikah. Memiliki KTP asal Kabupaten Solok, berpenampilan menarik. Untuk pria, memiliki tinggi minimal 165 cm dan perempuan 160 cm.
Sektretaris Dinas Pariwisata yang juga sebagai Sekretaris Panitia Pemilihan Uda Uni Kabupaten Solok Erizal menuturkan, setelah melalui audisi nantinya akan dipilih 28 pasang peserta. Seterusnya peserta yang terjaring ini akan mengikuti proses karantina selama dua hari, 1 dan 2 April.
‘’Selama karantina, akan dibekali berbagai aspek kependidikan dan pengetahuan sebelum akhirnya disaring lagi menjadi 14 pasang untuk mengikuti pemilihan di Sport Hall Batu Batupang, Senin (3/4),’’ jelas Erizal.
Dengan terpilihnya peserta sebagai Uda Uni Kabupaten Solok nantinya, mereka kelak diproyeksikan menjadi duta Kabupaten Solok di tingkat provinsi. Sedangkan pemenang kedua dinobatkan sebagai duta wisata Kabupaten Solok.
Uda Uni dan duta wisata yang terpilih itu nantinya akan terikat kontrak selama satu tahun dan diberikan beasiswa untuk menjalani masa pendidikan. ‘’Peserta pemilihan Uda Uni Kabupaten Solok dapat juga diikuti juga oleh warga Kabupaten Solok yang tinggal di daerah lain, tetapi tetap memiliki KTP asal Kabupaten Solok,’’ papar Erizal. (402





Sumber : Singgalang Online 28-03-11
Publish by Balaipandan Komunitas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar