Rabu, 11 Mei 2011

LOWONGAN KARAJO KA JAPANG

Disosnaker Buka Lowongan ke Jepang
Padang Ekspres  Berita Sosial  Kamis, 12/05/2011 - 09:55 WIB  Nasrul Tanjung  21 klik
Ilustrasi
Meskipun peluang bagi tamatan SMA/sederajat untuk menjadi PNS sangat tipis, namun kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan masih terbuka lebar. Menyusul dibukanya lowongan kerja ke Negara Jepang, oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja, Pemberdayaan Masyarakat (Disosnaker-PM) Kota Bukittinggi.


Bahkan menurut Kabid Pembinaan dan Pengawasan Disosnaker Bukittinggi, Asri Bakar, SH, lowongan tenaga kerja bagi tamatan SMA/sederajat itu tidak saja berlaku bagi warga Bukittinggi, melainkan juga bagi warga yang tinggal di luar Kota Bukittinggi.


"Penerimaan lowongan kerja ke Negara Jepang itu telah dibuka sejak awal bulan Mai 2011 lalu dan penutupan pada akhir bulannya,"kata Asril Bakar, Rabu (11/5) kemarin.


Disebutkan, Disosnaker adalah sebagi tempat perekrutan, setelah itu mereka yang direkrut dilatih terlebih dulu sebelum diberangkatkan ke Jepang, sebagai tenaga teknisi di perusahaan tersebar di Jepang itu,"jelasnya.


Katanya, pembukaan lowongan di Sosnaker Bukittinggi sebagai tempat perekrutan, setelah itu tenaga kerja yang dinyatakan diterima bakal diserahkan PJTKI sebagai penyalur tenaga kerja. Sosnaker yang bekerjasama dengan PJTKI dalam mencarikan lapangan pekerjaan bagi tamatan sekolah yang pengangguran.


"Mencarikan lapangan pekerjaan bagi tamatan sekolah yang menganggur sudah menjadi program Sosnaker sejak dulu. Tahun lalu, Sosnaker juga telah mengirim sejumlah tenaga kerja ke daerah industri di Kepulauan Riau, yaitu Batam," sebutnya.


Ia menyebutkan, pengiriman tenaga kerja ke daerah industri selain ke Negara Jepang yang sedang diprogramkan, terus ada tiap bulannya menimal pengiriman dilakukan kepada 30 orang tenaga kerja.


Peminat dapat memasukkan lamaran ke Sosnaker Bukittinggi. Kepada mereka dilakukan tes tertulis dan lainnya. Bagi yang lulus tes, sebelum dikirim ke perusahaan yang membutuhkan, Sosnaker terlebih dulu melatih tenaga kerja itu selama dua sampai tiga minggu, dengan memperkenalkan apa yang akan mereka kerjakan di perusahaan tempat mereka diterima.


Perusahaan yang menjadi mitra kerjasama Sosnaker di daerah Batam, antara lain PT. Panasonic, PT. Sanyo dan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar