Rabu, 08 Juni 2011

Tukang Ojek Nagari Talang Demo Polantas

Tukang Ojek Nagari Talang Demo Polantas
Padang Ekspres  Berita Peristiwa  Jumat, 03/06/2011 - 10:19 WIB  Ilham Safutra  293 klik
balaipandan komunitas
Puluah tukang ojek Nagari Talang, Kecamatan Gunung Talang menggelar aksi protes terhadap Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Solok yang tengah betugas di jalur lintas depan Pasar Talang Rabu (1/6) kemarin. Kehadiran petugas setiap Rabu pagi di Pasar Talang dianggap mengganggu aktivitas mereka.

Aksi protes puluhan tukang ojek dan berlangsung secara tiba-tiba di Km 14 tersebut, serta-merta membuat kaget petugas Polantas Polres Solok, plus menjadi tontonan gratis oleh pengunjung pasar, para pengendaralain yang tengah berlalu lalang.

 "Kenapa Polisi cuma merazia kami di pasar Talang, sementara di Pasar Cupak dan  Pasar Guguak tidak  ! " ujar beberapa tukang ojek, Buyuang Kumis,46, Ujang ,40, dan Yos,42, dihadapan Kanit Rajawali Satlantas Polres Solok, Iptu Hendrijas.
 
Para tukang ojek tersebut meminta untuk setiap hari Rabu mereka diperbolehkan membawa penumpangnya dari Pasar Talang tanpa menggunakan helm. Pasalnya tiap hari Rabu mereka banyak mengangkut barang bawaan penumpang yang dinominasi kaum ibu-ibu, dan pedagang.
 
Menyikapi persoalan tersebut, Kanit Tur Rajawali Iptu Hendrijas didampingi sejumlah Anggotanya, dengan tenang tetap mencoba memberikan pengertian dan nasehat kepada para tukang ojek.  Dikatakan Hendrijas, aturan memakai pengaman kepala (helm) bagi menumpang sepeda motor adalah kewajiban, sebagaimana telah diatur UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas, dan angkutan barang.

"Kalau anda naik sepeda motor, wajib memakai helm, termasuk orang yang diboncengi dibelakang. Tujuannya tak lain demi keselamatan, menghindari kepala dari bentura. Sekaitan lokasi razia, Polantas Polres Solok selama ini tak pernah pilih kasih. Selain di Pasar Talang, petugas juga melakukan penertiban di Pasar Cupak, Pasar Guguak dan daerah-daerah lainnya kategori rawan lakalantas.
" terang Hendrijas.
  
Tak lama berselang, massa yang mengatasnamakan diri sebagai Komunitas Ojek Nagari Talang itu membubarkan diri secara tertib. (mg9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar